Rabu, 14 Desember 2011

Malaysia berhasil Memecahkan Genom Karet

Suka dengan artikel ini?

Kamis, 14 April 2011 - Pusat Biologi Kimia Universiti Sains Malaysia bekerjasama dengan lebih dari 30 lembaga penelitian dari Asia Pasifik, Afrika Selatan dan Amerika Serikat berhasil memecahkan genom pohon karet yang diberitakan bulan Oktober 2009.


Karet merupakan tanaman keras paling penting kedua di Malaysia setelah sawit yang menyumbang industri multi miliar dollar. Wajar jika Malaysia sangat ambisius untuk melakukan pembarisan genom tanaman ini.
USM menjadi universitas pertama di dunia yang menghasilkan draft genom 2 miliar basa dari pohon karet Hevea brasiliensis. Pembarisan sebelumnya pada pohon sawit telah menghasilkan tanaman sawit dengan kemampuan produksi tiga kali lipat kelapa sawit biasa, entah potensi apa yang bisa diperoleh dengan genom pohon karet.
Ini merupakan hal yang patut ditiru oleh bangsa Indonesia. Ketimbang kita menebang hutan dan melepaskan CO2 dari lahan gambut, lebih baik kita berinvestasi pada bioteknologi. Dengan cara ini, dengan lahan yang ada kita tetap bisa menyelamatkan spesies yang semakin langka.

Print this post

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Technorati Style Copyright by pertanian | Template by One-4-All | Made In Indonesia